Istilah komunikasi dalam bahasa Inggris disebut dengan communication yang berasal dari kata communicatio atau dari kata commlsnis yang berarti sama atau sama maknanya atau pengertian bersama" dengan maksud untuk mengubah pikiran, sikap, perilaku, mcncrima dan melaksanakan apa yang diinginkan oleh komunikator. Fungsi komunikasi pun tidak hanya informatif namon fungsi lain yang tidak kalah penting adalah pcrsuasif dimana komunikator benisaha untuk m:mhujuk, merayu, mengajak dan meyakinkan orang lain untuk mengikuti dan mengikuti dan melakukan apa yang diinginkan oleh komunikator. Seperti halnya definisi yang dilakukan oleh Hovland bahwa komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain (communicatio is the process to modify the behaviour of other individuals (Onong, 1990:10)).
Definisi lain dinyatakan oleh Laswell yang mendefinisikan komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu. Laswell dalam buku Onong Uchjana Effendy (1993:14) yang berjudul Human Relations dan Public Relations menyatakan bahwa komunikasi terdiri atas lima unsur yaitu:
a. Komunikator (communicator, 'source, sender) adalah seseorang atau sekelompok orang yang menyampaikan pikiran atau perasaannya kepada orang lain.
b. Pecan (message) adalah lambang bermakna (meaningful symbols), yakni lambang yang membawakan pikiran atau perasaan komunikator.
c. Media (channel, medi(i) adalah sarana untuk menyalurkan pesanpcsan yang disampaikan oleh konuulikator kepada komunikan.
d. Komunikan (comrnunicun, comnurnicutee, receiver, recipient) adalah seseorang atau se jumlah orang yang menjadi sasarail komunikator ketika ia menyampaikan pesannya.
e. Efek (effect, impact, influence) adalah tanggapan, respon atau reaksi dari komunikan ketika ia atau mereka menerima pesan dari komunikator.
Pada hakekatnya komunikasi merupakan salah satu cara komunikator untuk menyampaikan dan memberitahukan pikiran dan perasaan kepada komunikan. Yang dibutuhkan dalam proses komunikasi adalah persamaan pemahaman atas suatu gagasan diantara kedua belah pihak yang tengah berkomunikasi meskipun pada akhimya harapan komunikator adalah bahwa orang yang diajak berkomunikasi mengikuti apa yang diinginkan oleh komunikator.
James A.F. Stoner dalam bukunya yang berjudul Manajemen mcnyebutkan bahwa komunikasi adalah proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan. Pendapat bcrbeda diungkapkan oleh John R. Schemerhorn dalam bukunya bcrjudul Managing Organizational Behaviour yang menyatakan bahwa komunikasi itu dapat diartikan sebagai proses antar pribadi dalam mcngirim dan menerima simbol-simbol yang berarti bagi kepentingan mcrcka (I LA.W. Widjaja,1991:R).
Anda mau file tersebut diatas dalam bentuk MS-WORD, klik download
0 komentar:
Posting Komentar