Pages

Selasa, 29 Juni 2010

Fungsi Komunikasi

Komunikan tidak hanya diartikan sebagai pertukaran berita dan pesan tetapi kegiatan individu dan kelompok mengenai tukar-menukar data, fakta dan ide. Maka fungsi komunikasi yang dinyatakan oleh H.A.W. Widjaja (1991:9) dalam bukunya Komunikasi (Komunikasi dan Hubungan Masyarakat adalah:



a. Informasi; Pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan, penyebaran berita, data, gambar yang dibutuhkan agar dapat dimengerti dan beraksi secara jelas dalam mengambil keputusan yang tepat.
b. Sosialisasi; Pcnyediaan sumber ilmu pengetahuan yang memungkinkan orang menyadari akan fungsi sosialnya dan dapat aktif di masyarakat.
c. Motivasi; Menentukan tujuan, mendorong orang untuk pilihan dan keinginannya, mendorong individu dalam rangka mencapai tujuan bcrsama.
d. Perdebatan dan diskusi; Menyediakan dan sating menukar fakta yang diperlukan untuk menentukan persetujuan dan menyelesaikan perbedaan pendapat mengenai suatu masalah.
e. Pendidikan; Penyerapan ilmu pengetahuan untuk mendorong perkembangan intelektual, pembentuk watak dan pendidikan ketrampilan yang diperlukan.
f. Memajukan kebudayaan; Penyebaran kebudayaan dan seni dengan maksud melestarikan warisan masa lalu.
g. Hiburan; Penyebarluasan sinyal, simbol, suara dan image dari drama, tari, kesenian, musik, olah raga, permainan untuk rekreasi dan kesenangan.
h. Integrasi; Memberikan kesempatan pada individu untuk saling mengenal dan mengerti dan menghargai kondisi, pandangan dan keiinginan orang lain.

Anda mau file tersebut diatas dalam bentuk MS WORD, silahkan klik download

0 komentar:

Posting Komentar