Secara umum komunikasi antar pribadi (KAP) dapat diartikan sebagai suatu
proses pertukaran makna antara orang-orang yang saling berkomunikasi.
Komunikasi terjadi secara tatap muka (face to face) antara dua individu.
Dalam pengertian tersebut mengandung 3 aspek:
- Pengertian proses, yaitu mengacu pada perubahan dan tindakan yang berlangsung terus menerus.
- KAP merupakan suatu pertukaran, yaitu tindakan menyampaikan dan menerima pesan secara timbal balik.
- Mengandung makna, yaitu sesuatu yang dipertukarkan dalam proses
tersebut, adalah kesamaan pemahaman diantara orang-orang yang
berkomunikasi terhadap pesan-pesan yang digunakan dalam proses
komunikasi.
Dari ketiga aspek tersebut maka KAP menurut Judy C. Pearson memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. KAP dimulai dengan diri pribadi (self). Berbagai persepsi komunikasi
yang menyangkut pemaknaan berpusat pada diri kita, artinya dipengaruhi
oleh pengalaman dan pengamatan kita.
2. KAP bersifat transaksional. Anggapan ini mengacu pada pihak-pihak
yang berkomunikasi secara serempak dan bersifat sejajar, menyampaikan
dan menerima pesan.
3. KAP mencakup aspek-aspek isi pesan dan hubungan antarpribadi. Artinya
isi pesan dipengaruhi oleh hubungan antar pihak yang berkomunikasi.
4. komunikasi antarpribadi mensyaratkan kedekatan fisik antar pihak yang berkomunikasi.
5. KAP melibatkan pihak-pihak yang saling bergantung satu sama lainnya dalam proses komunikasi.
6. KAP tidak dapat diubah maupun diulang. Jika kita salah mengucapkan
sesuatu pada pasangan maka tidak dapat diubah. Bisa memaafkan tapi tidak
bisa melupakan atau menghapus yang sudah dikatakan.
7. KAP berlangsung antar dua individu, karenanya pemahaman komunikasi
dan hubungan antar pribadi menempatkan pemahaman mengenai komunikasi
dalam proses psikologis. Setiap individu dalam tindakan komunikasi
memiliki pemahaman dan makna pribadi terhadap setiap hubungan dimana dia
terlibat di dalamnya.
Hal terpenting dari aspek psikologis dalam komunikasi adalah asumsi
bahwa diri pribadi individu terletak dalam diri individu dan tidak
mungkin diamati secara langsung. Artinya dalam KAP pengamatan terhadap
seseorang dilakukan melalui perilakunya dengan mendasarkan pada
persespsi si pengamat. Dengan demikian aspek psikologis mencakup
pengamatan pada dua dimensi, yaitu internal dan eksternal. Namun kita
mengetahui bahwa dimensi eksternal tidaklah selalu sama dengan dimensi
internalnya.
Fungsi psikologis dari komunikasi adalah untuk menginterpretasikan
tanda-tanda melalui tindakan atau perilaku yang dapat diamati. Proses
interpretasi ini setiap individu berbeda. Karena setiap individu
memiliki kepribadian yang berbeda, yang terbentuk karena pengalaman yang
berbeda pula.
Memahami Konsep Dasar Komunikasi Antar Pribadi
1.1. Mengemukakan alasan pentingnya mempelajari komunikasi antar pribadi- Manusia adalah makhluk sosial yang tentu saja membutuhkan interaksi dengan orang lain dalam kehidupannya. Namun interaksi tersebut dapat terjalin dengan baik ketika kita mampu melakukan komunikasi dengan orang lain. Dengan komunikasi ini apa yang kita inginkan dapat disampaikan dan diterima oleh orang lain sehingga interaksi dapat berjalan lebih baik.
1.2. Merumuskan pengertian komunikasi antar pribadi
- Menurut Littlejohn (2010. http://danankseta.blog.uns.ac.id/2010/06/01/komunikasi-antar-pribadi/) Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) adalah komunikasi antara individu-individu
- Menurut wiryanto (2009. http://www.lusa.web.id/komunikasi-antar-pribadi-interpersonal-communication/) komunikasi antar pribadi adalah komunikasi yang berlangsung dalam situasi tatap muka antara dua orang atau lebih, baik secara terorganisasi maupun pada kerumunan orang.
- De Vito (2011. http://aiharawulan.blogspot.com/2011/08/komunikasi-antar-pribadi.html) mengemukakan bahwa komunikasi antar pribadi merupakan pengiriman pesan-pesan dari seseorang dan diterima oleh orang yang lain, atau sekelompok orang dengan efek dan umpan balik yang berlangsung
Berdasarkan pengertian beberapa ahli di atas kami menyimpulkan bahwa komunikasi antarpribadi adalah komunikasi timbal balik yang disampaikan oleh pengirim kepada penerima melalui media tertentu dan menimbulkan efek.
1.3. Menjelaskan lima unsur pokok komunikasi antar pribadi
- Pengirim pesan atau komunikator adalah individu yang menyampaikan pesan kepada penerima pesan atau informasi
- Penerima pesan atau komunkan adalah individu yang menerima pesan yang dikirim oleh pengirim pesan atau informasi.
- Pesan adalah hal/sesuatu yang disampaiakan oleh komunikator kepada komunikan.
- Media adalah perantara atau alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari pengirim kepada penerima.
- Efek adalah akibat yang ditimbulkan dari pesan berupa respon atau tanggapan
1.4. Mengidentifikasi dengan benar lima ciri-ciri komunikasi antar pribadi
Berikut ini merupakan ciri-ciri efektifitas komunikasi antarpribadi menurut Kumar bahwa ciri-ciri komunikasi antarpribadi yaitu:
- Keterbukaan (Openess), yaitu kemauan menanggapi dengan senang hati informasi yang diterima di dalam menghadapi hubungan antar pribadi.
- Empati (Empathy), yaitu merasakan apa yang dirasakan orang lain.
- Dukungan (Supportiveness), yaitu situasi yang terbuka untuk mendukung komunikasi berlangsung efektif.
- Rasa positif (positivenes), seseorang harus memiliki perasaan positif terhadap dirinya, mendorong orang lain lebih aktif berpartisipasi, dan menciptakan situasi komunikasi kondusif untuk interaksi yang efektif.
- Kesetaraan atau kesamaan (Equality), yaitu pengakuan secara diamdiam
bahwa kedua belah pihak menghargai, berguna, dan mempunyai sesuatu yang penting untuk disumbangkan.
- Frekuensi komunikasi, lamanya proses komunikasi antar pribadi oleh orangtua dan anak berlangsung.
- Intensitas komunikasi, seberapa sering komunikasi yang terjadi antara orangtua dan anak.
- Waktu pada saat proses komunikasi antar pribadi berlangsung, waktu yang dipilih untuk melaksanakan proses komunikasi.
- Suasana penyampaian pesan, situasi atau kondisi yang terjadi pada saat proses komunikasi antar pribadi berlangsung.
- Umpan balik, tanggapan yang diberikan oleh orangtua maupun anak setelah menyampaikan pesan
1.6. Menjelaskan lima prinsip komunikasi antarpribadi
- Komunikasi adalah Paket Isyarat
- Komunikasi adalah Proses Penyesuaian
- Komunikasi Mencakup Dimensi Isi Dan Hubungan
- Komunikasi Melibatkan Transaksi Simetris dan Komplementer
- Rangkaian Komunikasi Dipunkuasi
0 komentar:
Posting Komentar